Bisa Karena Terbiasa

Kata orang bijak, tak ada yang tak mungkin di dunia ini kalau kita memiliki kemauan dan bisa melakukan yang terbaik Kata bisa seakan bisa (baca: obat) yang membuat manusia menjadi bisa dan terbiasa. Bisa dapat diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang.untuk melakukan sesuatu atau banyak hal.
Bisa sebagai kemampuan, umumnya lahir karena adanya proses latihan berulang, sehingga menjadi sebuah keterbiasaan dan pembiasaan.

Apa pentingnya keterkaitan semua itu?
Jawabnya simple dan logis. Untuk bisa memahami dan melakukan sesuatu, sangat jarang manusia yang bisa sekali jadi. Umumnya membutuhkan proses belajar, latihan dan uji coba berkali-kali. Proses inilah yang membuat kita menjadi biasa, sehingga menjadi indicator pembiasaan yang dapat mengasah kebisaan/kemampuan kita. Misalnya, seorang juru masak menjadi bisa masak karena terbiasa dan membiasakan diri dengan berbagai menu masakan, bahan-bahan masakan dan cara mengolahnya. Dari kebiasaan inilah tumbuh proses belajar yang bahkan melahirkan kreativitas-kreativitas baru dalam menciptakan masakannya. Sebelum cita rasa masakannya dinyatakan enak, ia perlu berkali-kali melakukan uji coba resepnya, mencicipi dan mengolahnya dengan baik, sehingga suatu hari ia dikenal sebagai koki yang handal.
Dalam kenyataannya, untuk bisa kita sering melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan. Jangan khawatir, itu hal biasa. Asalkan kita tidak membiasakan diri untuk gagal dan salah. Kegagalan dan kesalahan dalam mencapai sesuatu merupakan proses belajar karena dari situlah kita bisa. Bisa memahami letak gagal dan salahnya, bisa memotivasi diri untuk memperbaikinya, bisa menghargai perjuangan dan pengorbanan, bisa menemukan keberhasilan dan kebenaran bahkan bisa mengakui kekuatan Tuhan.

Nilai penting dari bisa karena biasa adalah proses belajar. Untuk bisa, kita harus membiasakan diri belajar, dan belajar memerlukan proses yang bertahap. Orang yang mau bisa pasti membiasakan diri terus belajar. Orang yang terbiasa belajar, pasti bisa. Memiliki kemampuan dan terus menumbuhkan motivasi belajar, sehingga kebiasaan itu akhirnya menjadi bisa yang menghidupi kehidupannya.
Banyak cara untuk bisa, tetapi tidak semua orang mau membiasakan diri dengan proses belajar.
sumber klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *